Jumat, 10 Juli 2009

File Tidak Bisa Dihapus

Berawal saat pagi hari kemarin di kantor, saya mengcopy file Office 2007 bertipe RAR dari komputer ke flashdisk saya. Dikarenakan komputer saya tidak terhubung ke LAN dan perlu Office. Setelah saya pindahkan file Office dari flashdisk saya ke komputer, langsung saja saya hapus Office 2007 yang bertipe RAR itu dari flashdisk saya. Tapi apa yang terjadi? Filenya tidak langsung hilang, tapi meninggalkan file yang berukuran 0 Kb.

Nah dari sini ceritanya semakin serius. Setelah berulang kali saya hapus kok ga bisa hilang? Apa ini virus? Atau flashdisk saya yang rusak?

Akhirnya setelah pulang dari kantor saya berinisiatif langsung untuk mengurus flashdisk saya. Takutnya nanti file yang lain kenapa². Pertama saya coba menghapus dari komp saya langsung. Hasilnya tetep ga bisa. Yang kedua karena saya punya tune-up utilities 2009 yg download dari indowebster beserta cracknya, akhirnya saya langsung memakai tune-up shredder untuk menghapus file itu. Ternyata ada hasilnya, file yang berukuran 0 Kb itu berubah nama menjadi "ZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZ...ZZZ" tetapi tetap saja tidak hilang.

Setelah makin lama makin sumpek pikiran saya, akhirnya googling "Cant delete file". Dan ternyata dengan cepat saya mendapat info kenapa file tidak bisa dihapus.

Penyebab file tidak bisa dihapus antara lain:
1. Kemungkinan file sedang dipake oleh system.
2. Kemungkinan file beratribut read-only.
3. Nama file terlalu panjang hingga Windows tidak bisa mengatasi.

Tentu saja setelah melihat atribut file dari properties bukan read-only, langsung saja saya berpikir bahwa nama file terlalu panjang. Dalam artikel itu disebutkan juga dengan mengubah nama dan tipe file dapat mengatasi permasalahan tersebut. Akhirnya saya ganti nama dan tipe file kemudian saya hapus. File nya akhirnya hilang, tapi setelah saya liat folder di drive saya dan saya kembali ke flashdisk saya, tetapi file itu kembali lagi seperti setelah saya rename.

Kemudian pada bagian artikel paling bawah sendiri saya melihat 4 buah software beserta link nya yang dapat digunakan untuk menghapus file yang susah dihapus. Software tersebut adalah:

MoveOnBoot

Delete FXP Files

Delinv

Unlocker

Akhirnya saya mencoba salah satunya yaitu Delinv kemudian saya install dan saya pake untuk menghapus. Tapi tetap saja tidak bisa ilang.

Akhirnya setelah hampir putus asa, naluri pembunuh saya keluar. Dengan cepat saya cut semua file penting di flaskdisk saya, kemudian saya pindahkan ke komputer. Kemudian dengan cepat saya lakukan klik kanan>format>quick format>ok. Setelah itu hilang sudah file yang saya kira sebagai virus itu.

Dari seluruh usaha saya kenapa saya tidak melakukan yang simple duluan. Pertama emang ga kepikiran, dan yang kedua ternyata memang menambah pengetahuan saya. Jadi mulai sekarang cobalah untuk berpikir sederhana dulu agar tidak menambah beban pikiran dan menghabiskan banyak energi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar